theohaga

In bhinneka rasa on 5 January 2012 at 6:26 pm

Contoh Kasus:Pembangunan MCK SLBM
Bentuk Pelaksanaan: Swakelola
Sumber Dana: Dana Perimbangan – Dana Alokasi Umum (DAU)

MCK SLBM adalah sarana Mandi Cuci Kakus Sanitasi Lingkungan Berbasis Masyarakat. Pembangunan sarana ini dilakukan oleh secara swakelola oleh masyarakat yang berasal dari Dana Perimbangan yang berbentuk Dana Alokasi Umum (DAU); DAU ini 100 % dialokasikan untuk pembangunan sarana dan manajemennya. Dinas terkait menyediakan dana pendamping untuk pengawasan kegiatan itu.
Kegiatannya antara lain berupa: pembentukan manajemen yang diambil dari unsur masyarakat, penentuan fasilitator, sosialisasi di tingkat desa/ kelurahan, pembuatan gambar rencana, anggaran dan kontrak. Penghubung dari masyarakat adalah fasilitator teknis dan penghubung dari dinas terkait adalah fasilitator kota. Fasilitator teknis bertugas untuk menjamin bahwa pelaksanaan proyek ini berlangsung sesuai perencanaan. Berdasarkan laporan progres, usulan pengerjaan sub-kegiatan, yang disusun oleh manajemen proyek, manajemen dan fasilitator kota bersama-sama mencairkan dana ke bank. Hasil penggunaan dana ini dilaporkan dalam bentuk laporan progres sebagai syarat pencairan dana tahap berikutnya.
Kegiatan Swakelola ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas belanja dana pemerintah, sehingga manfaatnya dapat dinikmati sebesar-besarnya oleh masyarakat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: